Nomor Induk Siswa Nasional

Mengapa perlu NISN?


NISN itu apa?


NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
  • Untuk Pendaftaran siswa Baru di jenjang selanjutnya.
  • Dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara pengusulan NISN?

Nah, karena NISN  merupakan  data  individu  peserta  didik  (NISN)  yang  telah  tervalidasi  dengan 
Nomor  Pokok  Sekolah  Nasional  (NPSN) dan  data NISN  berasal dari hasil sinkronisasi Dapodikdas & PDSP, maka pengusulan NISN, pengeditan data siswa yang belum benar, nomor NISN yang masih salah, harus dikerjakan melalui aplikasi Dapodikdas.
Kemudian hasil sinkronisasi Dapodikdas dilihat di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login, dan verval NISN dikerjakan di laman tersebut. Jadi, untuk menerbitkan NISN, tidak cukup satu kali kerja.

Apakah NISN kita/anak kita sudah benar?

NISN yang kita unggah di sini belum tentu benar.
Ketidakbenaran NISN seringkali karena data yang diinput di Aplikasi Dapodikdas maupun yang dikirim ke Jakarta sewaktu pengusulan NISN tahun-tahun lalu tidak berdasarkan akte kelahiran yang sah.

NISN yang benar minimal memenuhi kriteria di bawah ini:
  • Ejaan nama siswa benar, sesuai kutipan akte kelahiran.
  • Tempat dan tanggal lahir siswa benar, sesuai kutipan akte kelahiran.
  • terdiri dari 10 digit.
  • Tiga digit pertama merupakan tahun kelahiran siswa, misalnya 0019293103 berarti siswa tersebut lahir pada tahun 2001.
  • Maka siswa yang lahir pada tahun 1999 NISN diawali dengan 999.......
  • siswa yang lahir pada tahun 2000 NISN diawali dengan 000.......
  • Siswa yang lahir pada tahun 2001 NISN diawali dengan 001.......
  • Siswa yang lahir pada tahun 2002 NISN diawali dengan 002.......
  • Siswa yang lahir pada tahun 2003 NISN diawali dengan 003.......dan seterusnya

Hasil Verval NISN SDN Banyubiru 1

Setelah melalui beberapa proses, maka NISN SD Negeri Banyubiru 1 tertanggal 26 Juni 2014 sebanyak 193 siswa, dapat dilihat ataupun diunduh di:  NISN SD NEGERI BANYUBIRU 1

Demikian sekilas tentang NISN, adapun adanya ketidakvalidan data tentu kami mohon maaf, karena semua itu adalah akibat kekurangan dan keterbatasan kita semua, sehingga kita (kepala sekolah, orang tua, guru, operator Dapodik) perlu bekerja sama untuk mewujudkan dat yang benar-benar valid.

Salam Satu Data,

Sarindi
Operator Data

Sarindi al Manshurin