Pendampingan PKP di SDN Banyubiru 1

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Program ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Pembekalan Instruktur Nasional, Pembekalan Guru Inti dan selanjutnya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. 
Program PKP bagi Guru Kelas SD di wilayah Jawa Tengah pada tahun 2019 ini menggunakan anggaran bantuan pemerintah melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta. SD Negeri Banyubiru 1 berkesempatan mendapatkan manfaat program PKP ini dengan diikutsertakannya beberapa guru dalam program ini. Seorang guru (Bapak Sarindi) mendapat kesempatan mengikuti Diklat Pembekalan Guru Inti di P4TK Matematika Yogyakarta pada tanggal 1-9 September 2019. Target kompetensi yang ingin dicapai dari pembekalan ini adalah Guru Inti memahami dan menganalisis strategi memfasilitasi peserta pelatihan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi sehingga membantu tercapainya kompetensi peserta dalam mengembangkan desain pembelajaran dan penilaian berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS yang terintegrasi 5 (lima) unsur utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan literasi dalam rangka mencapai Kecakapan Abad 21. Adapun dua orang guru (Bu Uun dan Bu Nining) mendapat kesempatan mengikuti Diklat PKP zona SMAN Dukun, mulai tanggal 16 Oktober sampai dengan 17 November 2019 dengan pola in-on-in. Salah satu materi dalam kegiatannya adalah mereviu bahan pembelajaran dari Unit Materi Pembelajaran dan mengembangkan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS. Kemudian peserta melakukan Real Teaching Pembelajaran HOTS berdasarkan RPP yang telah disusun. 

Pada Kegiatan on 2, SDN Banyubiru 1 mendapat kunjungan dalam rangka pendampingan PKP dari Bu Dr. Supinah, widyaiswara P4TK Matematika pada hari Rabu, 6 November 2019. Sebagai guru model, Bu Nining melakukan praktek pembelajaran dengan diobservasi langsung oleh Bu Dr. Supinah didampingi Pengawas Sekolah, Penanggung Jawab Pusat Belajar dan Guru Inti. Kegiatan berjalan lancar walaupun harus menggunakan ruang kelas lain karena berbarengan dengan kegiatan pengecatan gedung. Kesan yang disampaikan oleh Bu Dr. Supinah adalah, pembelajaran sudah bagus dan sesuai dengan tujuan PKP, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan mengintegrasikan GLN, PPK dan 4C.