Kemah Akhir Semester

Untuk mengisi kegiatan sebelum memasuki liburan semester 1, pada hari Selasa sampai Rabu (17-18 Desember 2019) Pramuka Penggalang di SDN Banyubiru 1 mengikuti perkemahan dua hari satu malam. Perkemahan ini diikuti sebanyak empat regu penggalang, terdiri dari dua regu putra dan dua regu putri. 

Dalam perkemahan ini peserta dilatih untuk mandiri, yaitu peserta mendirikan tenda dan memasak sendiri dalam regunya, kemudian makan dan membersihkan semua peralatan makan dan masak mereka. Mereka harus bermusyawarah untuk menentukan teknis dan pembagian tugasnya masing-masing.



Peserta harus dapat bekerjasama dalam regunya dalam pendirian tenda maupun pembongkaranya setelah selesai acara.  Mereka juga dilatih untuk peduli lingkungan dengan kegiatan bersih lingkungan serta penghijauan. Untuk acara keagamaan diadakan sholat berjamaah dan pengajian. Untuk melatih keberanian dan jiwa seni diadakan pentas seni, sedangkan untuk kebugaran diadakan senam Pramuka. Permainan dan penjelajahan/wisata dimanfaatkan untuk melatih kekompakan dan kerjasama anggota regu dalam berkompetisi antar regu. Upacara pembukaan, upacara api unggun, apel pagi, dan upacara penutupan diadakan untuk melatih patriotisme dan kedisiplinan.

Meskipun lokasi diguyur hujan, namun para peserta tetap mengikuti kegiatan ini dengan riang gembira.