Birusatu Siapkan Tenaga Entri untuk PPDB SMP

Pandemi Covid-19 membawa banyak dampak di sektor pendidikan. Baik di pembelajaran, penilaian, ujian maupun PPDB. Jika tahun 2019  kemarin PPDB online hanya di jenjang SMP, SMA dan SMK, maka karena efek corona di tahun 2020 ini PPDB berbasis online juga diterapkan di jenjangTK dan SD. Tahun 2019 kemarin yang di-online-kan hanya pendaftarannya, kemudian bukti pendaftaran dan berkas persyaratan dikumpulkan langsung ke panitia PPDB SMP.


Untuk kamu yang lulus SD tahun 2020 ini, kamu harus tahu kalau tahun 2020 ini beda, selain lulusnya tanpa ujian,  pendaftaran masuk SMP beda dengan tahun lalu. Untuk mencegah penularan corona, mengurangi tatap muka, mengurangi kerumunan/antrean, maka bukti pendaftaran dan berkas persyaratan dalam mengikuti PPDB juga harus diunggah secara online. Bagaimana caranya?
Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka laman PPDB di http://ppdb.magelangkab.go.id
2. Ketikkan NISN pada laman PPDB, data calon peserta didik akan muncul sesuai data dapodik dan paling banyak 15 (lima belas) sekolah sesuai tempat tinggalmu pada sistem zonasi. (Jika tidak ditemukan datamu, maka segera hubungi SD/MI-mu agar diperiksa kembali kesesuaian data di sekolah asalmu).
3. Pilih 1 (satu) jalur pendaftaran dalam 1 (satu) wilayah zonasi.
4. Pilih 3 (tiga) sekolah negeri dan atau swasta dengan jalur PPDB yang sama.
5. Jika sudah yakin dan maka cetaklah formulir bukti pendaftaran, lalu tanda tangani.
6. Siapkan dokumen yang dipersyaratkan berikut:
a. Bukti cetak pendaftaran online yang telah ditandatangani 
b. Foto
c. Akte Kelahiran atau surat keterangan lahir asli ;
d. Kartu keluarga asli
e. Surat Keterangan Nilai Rata-rata Rapor (SKNR) bagi lulusan 2020 atau Ijazah/ SKHUN (jika lulus tahun sebelumnya).
f. Piagam penghargaan kejuaraan/perlombaan (untuk pendaftar melalui jalur prestasi)
(Skor prestasi dapat dilihat pada:
g. Kartu sakti (KIP/KKS/PKH) untuk pendaftar melalui jalur afirmasi.
h. Surat Keterangan Anak Berkebutuhan Khusus/ABK jika kamu adalah ABK & punya surat ABK.
7. Scan/foto dukumen tersebut dengan HP
8. Unggah seluruh berkas persyaratan verifikasi pada laman PPDB di http://ppdb.magelangkab.go.id

Apakah semua orang tua/wali maupun siswa siap? Baik dalam pendaftaran, pembuatan berkas digital maupun pengunggahannya?

Untuk membantu siswa/orang tua dalam pendaftaran PPDB secara online tersebut, maka SDN Banyubiru 1 menyediakan layanan bagi siswa/orang tua untuk mensukseskan PPDB SMP. Semua layanan ini gratis.
Beberapa fasilitas yang tersedia bagi alumni SDN Banyubiru 1 yang akan mengikuti PPDB SMP, di antaranya:
1. Akses internet.
Siswa/orang tua yang mampu mendaftar mandiri tetapi kesulitan dalam akses internet, maka dapat menggunakan wifi indihome yang disediakan di SDN Banyubiru 1.
2. Komputer & printer
Komputer sangat membantu dalam input data siswa di sistem PPDB. Printer diperlukan untuk memudahkan pencetakan bukti pendaftaran yang harus ditandatangani.
3. Pembuatan berkas digital.
Jika siswa/orang tua kesulitan dalam pembuatan berkas digital, maka cukup menyediakan syarat yang disebutkan di atas, kemudian guru SDN Banyubiru 1 akan membuatkan berkas digitalnya.
4. Tenaga entri.
Jika siswa/orang tua kesulitan dalam proses di atas, maka SDN Banyubiru 1 sudah menyiapkan beberapa guru sebagai tenaga entri yang akan membantu semua proses di atas.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti informasi, jadwal dan tahapan PPDB, karena dalam situasi pandemi seperti ini, kebijakan pemerintah dapat berubah sewaktu-waktu.