Kisi-kisi Materi OGN 2019

Berdasarkan Surat Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di tahun 2019 ini, Olimpiade Guru Nasional Jenjang SD, akan dipisah menjadi dua mata pelajaran, yaitu mata pelajaran tematik (dengan materi Bahasa Indonesia, IPA dan IPS) serta mata pelajaran  Matematika. Berikut deskripsi materi dari masing-masing mata pelajaran yang kemungkinan akan digunakan untuk seleksi berjenjang, baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

I. Materi Tematik SD

Bahasa Indonesia
  1.  Kedudukan , fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
  2. Teori dan hakikat pemerolehan bahasa.
  3. Kaidah struktur bahasa Indonesia; fonologi, morfologi, sintaksis, dan wacana.
  4. Keterampilan berbahasa: berbicara dan menyimak dalam (pidato , diskusi , debat), membaca (menemukan gagasan utama dan gagasan penjelas, membuat rangkuman) menulis (penggunaan ejaan tanda baca, kalimat efektif berbagai jenis teks).
  5.  Teori, sejarah, dan kritik sastra.
  6. Apresiasi sastra: puisi, prosa fiksi, dan drama.
  7. Penggunaan berbagai pendekatan dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD.


Materi IPA
  1. Penggolongan hewan dan tumbuhan berdasarkan peran dalam suatu ekosistem.
  2. Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya (abiotik dan biotik).
  3. Perubahan wujud benda dalam kehidupan (pelapukan, pembusukan, pembekuan, pengkaratan, kristalisasi, sublimasi, destilasi, pengasapan, dan penggaraman).
  4. Bagian-bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan (fungsi, gangguan, dan daur hidup).
  5. Bagian tubuh manusia dan gangguan kesehatan (sistem rangka , pernafasan , pencernaan makanan , dan indra penglihatan).
  6. Hubungan gaya dan gerak suatu benda.
  7. Cahaya , bunyi , energi , kalor dan perubahan wujud, serta pemanfaatan dalam kehidupan.
  8. Campuran dan larutan (unsur senyawa dan molekul).
  9. Sumber daya alam, lingkungan, dan pencemaran.
  10. Listrik, magnet, dan kebermanfaatan.
  11. Bumi dan tata surya.
  12. Penggunaan media dan model pembelajaran, serta penilaian autentik dalam pembelajaran IPA SD.

Materi IPS
  1. Sejarah nasional (masa Hindu, Budha dan Islam, serta perjuangan pergerakan bangsa Indonesia).
  2. Makna Bhineka Tunggal Ika.
  3. Sumber daya alam.
  4. Kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi, dan distribusi).
  5. Kemajuan teknologi dan informasi.
  6. Keberagaman kenampakan alam dan buatan wilayah Indonesia.
  7. Gejala alam yang terjadi di Indonesia.
  8. Peranan Indonesia di era global.
  9. Kegiatan ekspor dan impor di Indonesia.
  10. Keragaman kenampakan alam dan buatan wilayah Indonesia.
  11. Gejala alam yang terjadi di Indonesia.
  12. Peranan Indonesia di era global.
  13. Kegiatan ekspor dan impor.
  14. Penggunaan media dan model pembelajaran, serta penilaian autentik dalam pembelajaran IPS SD.


II. Materi Matematika SD

  1. Relasi dan fungsi linear dalam pemecahan masalah.
  2. Sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah.
  3. Persamaan/pertidaksamaan kuadrat dalam pemecahan masalah.
  4. Aritmatika (bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan decimal, persen, skala, perbandingan, sifat keterbagian, FPB dan KPK, serta pemecahan masalah).
  5. Geometri dan pengukuran (sifat-sifat bangun datar dan ruang, sudut, pengukuran panjang, luas, keliling, volume, waktu, suhu, berat, kecepatan, debit, dan sistem koordinat Kartesius, serta pemecahan masalah.
  6. Statistika dan peluang (pengumpulan dan penyajian data hasil pengamatan dalam bentuk table, diagram, dan grafik; rata-rata hitung, median, modus pada data tunggal dan data kelompok; peluang kejadian sederhana, dan pemecahan masalah).
  7. Transformasi geometri sederhana: translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, dan pemecahan masalah
  8. Logika/penalaran penggunaan pola dan generalisasi untuk menarik kesimpulan.
  9. Penggunaan media dan sumber belajar, serta penilaian autentik dalam pembelajaran matematika SD
Pedoman lengkap silahkan unduh:
Pedoman OGN 2019