Sedekah Oksigen dengan Tanam Tumbuhan

  1. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?
  2. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?
  3. Bagaimana tanggung jawab kita dalam menjaga ketersediaan oksigen?
Bersama Kita Ceria
Pertanyaan di atas tidaklah cukup dijawab dengan penjelasan serta kalimat retorika yang indah. Praktek langsung di lingkungan merupakan salah satu solusi untuk menanamkan semangat cinta lingkungan kepada siswa sekolah dasar. Di dalam buku pelajaran dijelaskan bahwa semua makhluk memerlukan udara segar untuk bernafas. Dalam proses bernafas, tentu membutuhkan oksigen. 



Menyiapkan Lahan

Seperti kata Bapak Wiratno, pecinta lingkungan yang merupakan guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SDN Banyubiru 1, "Oksigen merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia dan seluruh makhluknya tanpa terkecuali, secara gratis, sesuai dengan sifat Ar-Rohman dan Ar-Rohim-nya Sang Maha Pencipta." 




Sebagai bentuk tanda syukur kita atas karunia tersebut, maka kita perlu berusaha agar oksigen tetap tersedia di bumi Indonesia ini. Karena makhluk hidup yang dapat memproduksi oksigen hanyalah tumbuhan, maka kita juga harus menanam dan merawat tumbuhan. 

Menanam bersama
Menanam tumbuhan dapat dilakukan dengan biaya, mapun tanpa biaya. Untuk melatih siswa peduli lingkungan dengan biaya sehemat-hematnya, maka siswa kelas V diajak memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk ditanami tumbuhan. Masing-masing siswa dan guru cukup membawa tumbuhan dari rumah masing-masing, kemudian setelah jam pelajaran berakhir, siswa bersama guru menanam tumbuhan bersama-sama. 

"Jika tumbuhan yang kita tanam dapat hidup, tumbuh dan menghasilkan oksigen, maka kita secara tidak sadar telah bersedekah oksigen kepada manusia dan makhuk hidup lain," pesan Pak Sarindi kepada siswa kelas V.