Game X-Sat, Sebuah Game Perkalian Sederhana


Kita tak dapat membendung laju teknologi informasi, salah satunya perkembangan gawai. Dengan banyaknya merek HP dengan berbagai keunggulan fiturnya, menjadikan perangkat ini semakin kompetitif dalam teknologi maupun harganya. Dampak yang kita rasakan adalah harganya semakin terjangkau sehingga memungkinkan semua orang memilikinya, termasuk anak dan siswa kita.
Muncul persoalan baru, seperti ucapan: Anak kok  main HP terus, kapan belajarnya?
Apalagi banyaknya game yang dapat dipasang di HP, semakin membuat anak lupa pada kewajibannya.

Fenomena ini tak harus membuat kita membuang HP mereka ke kolam, meremukkannya  ataupun menghentikan total penggunan HP pada mereka. Janganlah kita hanya memandang produk teknologi informasi hanya sebagai ancaman, pembuat kebodohan, kemalasan, merusak kesehatan mata atau mengakibatkan kejang-kejang pada anak, tetapi kita cari peluang yang menguntungkan. Game yang ada di gawai itu sebenarnya tidak semata-mata merugikan. Apabila kita mau fokus melihat sisi positifnya, orangtua atau guru bisa mengambil manfaat dari game (tentu saja waktu penggunaannya tetap harus dibatasi/dibagi-bagi dengan waktu untuk bersosialisasi dengan teman, membantu orang tua, mengaji/memperdalam ilmu agama, dll).

Kita juga dapat mengambil sisi positif dari massifnya penggunaan HP, misalnya menggunakan grup media sosial untuk diskusi tentang tugas dan pembelajaran ataupun mengalihkan waktu mereka dari nge-game yang banyak menyita waktu menjadi nge-game yang mengarah ke pembelajaran.

Kita sebagai orang tua ataupun guru harus mampu mengarahkan anak atau siswa kita, bukan hanya mengomeli dan melihat sisi buruk dari games atau produk teknologi. Jika mereka suka nge-game, maka kita dapat mengarahkan mereka untuk bermain game yang bermanfaat, misalnya tentang game yang mengarah ke pembelajaran, baik yang sudah tersedia di penyedia game maupun kita dapat membuat sendiri.

Dengan berbekal power point ataupun aplikasi lain, kita dapat membuat game sederhana sesuai kemampuan kita. Tentunya dengan banyak mencoba, trial & error. Setelah game kita  jadi maka dapat kita rubah formatnya menjadi APK. Biasanya game dapat ditanam di HP android jika sudah berbentuk APK. Berikut ada contoh game sederhana buatan kami yang dapat dipasang di HP android. Game  ini kami beri nama X- Sat (=KaliSat, akronim dari Perkalian Satuan) sebuah edugame perkalian sederhana, berbasis android, 100% free tanpa iklan, tinggal unduh & pasang.




Kekurangan tentu masih banyak, karena masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran dapat disampaikan ke Sarindi di SDN Banyubiru 1.
Prinsip kami, walaupun sederhana minimal kita kurangi dampak negatif teknologi dengan cara memanfaatkan teknologi, bukan dengan melawan teknologi karena kita tak mungkin melawan lajunya arus teknologi.

Silahkan dimanfaatkan dengan bijak.
Unduh lewat drive: Game X-Sat

Sarindi al Manshurin