Birusatu Masuk Juara Pekan TIK


SDN Banyubiru 1 mendapat undangan untuk hadir pada acara Puncak Pekan TIK 2020. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu 28 November 2020 di Ruang Ki Hajar Dewantara, Gedung Disdikbud Kabupaten Magelang. Dalam acara Puncak Pekan TIK 2020 ini, panitia mengundang 6 besar nominator dari tiap-tiap cabang lomba Pekan TIK 2020 untuk menyaksikan pengumuman dan penyerahan piagam pemenang dari tiap cabang lomba. Hadir pula sejumlah tamu kehormatan di antaranya Bapak Azis Amin Muhajidin, S.Pd., M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang) serta Bapak Broto Wibowo, S.Pd.,M.Pd (Kepala Bidang Pembinaan SD Kabupaten Magelang) dan para pejabat lainnya. 

Acara yang digagas Guru Penggerak Pendidikan Kabupaten Magelang dari Divisi IT Gen Gemilang ini, pendaftarannya dilaksanakan secara daring pada tanggal 02 November 2020 sampai dengan 12 November 2020. Respon  dan antusias yang tinggi dari warga Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang dapat dilihat dari banyaknya peserta.  Menurut panitia, tercatat ada sekitar 2600–an peserta lomba. Pekan TIK Tahun 2020 ini diharapkan menjadi tonggak awal dan dapat memotivasi pendidikan di Kabupeten Magelang untuk terus berkarya, khususnya di bidang teknologi.

Pada Pekan TIK yang diikuti instansi Korwil Disdikbud Kecamatan, sekolah, siswa, guru, kepala sekolah dan PTK ini, SDN Banyubiru masuk nominasi pemenang untuk cabang Lomba desain logo “Penggerak Pendidikan”Dalam lomba yang diikuti 180-an peserta terdiri dari Kepala Sekolah Dasar, Guru, siswa dan PTK se-kabupaten Magelang ini, para peserta dituntut untuk menampilkan ide kreatifnya dalam membuat suatu logo, yang tidak mengandung unsur SARA, Pornografi dan Kekerasan. Selain itu logo adalah hasil karya original peserta, bukan plagiasi, serta belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan pada lomba manapun.

Dalam pelaksanaanya terjadi perubahan tema, yang awalnya lomba desain logo “Gen Gemilang”, berubah menjadi logo “Penggerak Pendidikan”. Logo yang dikirim harus mengandung unsur-unsur keteladanan, nasionalisme, inovasi, pemanfaatan teknologi dan optimisme masa depan gemilang.

Adapun kriteria penilaiannya adalah kesesuaian ide dengan tema, nilai motivasi dan inspirasi positif dalam logo, serta penyampaian pesan yang mudah diterima. Dalam pengumuman yang disampaikan, SDN Banyubiru 1 mendapat Juara Harapan 1 Lomba desain Logo, atas nama Sarindi, guru kelas V B.

Juara Lomba Desain Logo

 Selamat dan sukses untuk panitia penyelenggara dan semua pemenang Pekan TIK 2020. Walau di era pandemi kita semua tetap bisa berkarya dan berprestasi. Semoga Pekan TIK di tahun-tahun berikutnya lebih hebat dan luar biasa. Serta menjadi inspirasi agar kita dapat mengambil manfaat teknologi untuk kehidupan sehari-hari.


Foto bersama panitia


Pengumuman lengkap: ACARA PUNCAK PEKAN TIK DISDIKBUD KAB. MAGELANG 2020